(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Sosialisasi Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana di Kecamatan Gerokgak

Admin bpbd | 28 Maret 2014 | 1362 kali

Dengan mengangkat tema : “Sosialisasi Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana Di Kecamatan Gerokgak” pada hari Kamis tanggal 20 Maret 2014 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng melaksanakan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat Kecamatan Gerokgak tentang kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana.

Sosialisasi yang dibuka oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ketut Suparta Wijaya, ST diikuti perwakilan dari beberapa unsur masyarakat, yaitu : Sekolah (Wakil Kepala Sekolah & Osis) SMA dan SMP, para Tokoh Masyarakat, para Kepala Desa se-Kecamatan Gerokgak, Staf Linmas dan Trantib Kec. Gerokgak. Serta narasumber dari : PMI Cab. Singaraja, Polsek Gerokgak dan Koramil Kec. Gerokgak.

Selanjutnya, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Buleleng menjelaskan bahwa bagaimana langkah-langkah kesiapsiagaan dilingkungan masyarakat, yaitu meliputi :

1.    Memahamikondisi alam setempat yang berpotensi sebagai sumber bencana.

2.    Mendata kerawanan, catat jumlah penduduk, laki-laki, perempuan, balita,  manula, dan orang rentan lainnya.

3.    Menyepakati peringatan dini.

4.    Memetakan kemampuan seperti ketrampilan pertolongan pertama, memasang tenda, dan menyiapkan peta evakuasi.

5.    Meningkatkan pengetahuan tentang bencana serta membangun kerjasama yang kompak antara warga masyarakat dengan Pemda setempat melalui sosialisasi dan diskusi terpadu.

6.    Uji kesiapsiagaan dalam simulasi bersama sesuai Tugas dan Pokok dan Fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buleleng (Peraturan Bupati Buleleng Nomor 49 Tahun 2010).

Diakhir acara beliau pun berpesan kepada para peserta, bahwa bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja. Oleh karena itu, kita harus membangun kesiapsiagaan bencana. Indonesia rawan bencana, mari kita siaga, kita pasti bisa...!!!