(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana BPBD Buleleng Gelar Apel dan Simulasi Penanggulangan Bencana Secara Serentak di Kabupaten Buleleng.

Admin bpbd | 26 April 2019 | 431 kali

Singaraja - Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019 menggelar apel dan simulasi penanggulangan bencana yang dipusatkan di SMK N 1 Singaraja, dan secara serentak juga dilaksanakan simulasi secara mandiri yang dilakukan dimasing-masing Sekolah di Kabupaten Buleleng.

BPBD menjadikan tanggal 26 April ini sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana  tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Kegiatan utama pada Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah dilaksanakannya latihan atau simulasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, seperti latihan evakuasi mandiri, simulasi kebencanaan, uji sirine peringatan dini, uji shelter dan yang lainnya.

Bupati Buleleng sebagai pembina apel yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, menyampaikan bahwa berbagai bencana yang terjadi di Indonesia dengan korban yang tidak sedikit ini sebagai momentum bahwa harus selalu waspada terhadap bencana. Usai apel dilanjutkan dengan Simulasi Bencana dengan skenario Bencana Gempa berskala 7,0 Sr mengguncang Buleleng..

Dalam simulasi ini diskenariokan di Sekolah, pada saat proses belajar mengajar diguncang Gempa dengan kekuatan 7,0 Sr menyebabkan proses belajar terganggu dan menimbulkan kepanikan, pada saat gempa terjadi secara mandiri mereka dapat melakukan evakuasi sesuai Jalur Evakuasi menuju ke titik kumpul dihalaman Sekolah, kerasnya guncangan gempa menyebabkan beberapa siswa mengalami luka ringan,luka berat dan jatuh pingsan, adapun korban yg terjebak dilantai 3 bangunan sekolah. berkat kesigapan PMR Sekolah korban dapat diberikan pertolongan pertama. Penyelamatan siswa yang terjebak dilantai 3 dilaksanakan oleh TRC BPBD Buleleng bersama Basarnas, dan TNI beserta PMI Kab. Buleleng.  

Pukul 11.30 wita Simulasi dinyatakan selesai dengan harapan Masyarakat Sekolah selalu Waspada dan Siaga akan potensi ancaman gempa yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Sambutan Bupati Buleleng yang diwakili oleh bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng.

 

Laporan Ketua Panitia Peringatan HKB Kepada Pembina Upacara

Kalaksa BPBD Buleleng Menyambut Kedatangan Sekda Kab. Buleleng.

 

Evakuasi Secara Mandiri yang dilaksanakan oleh siswa saat simulasi gempa bumi. 

TRC BPBD Buleleng usai melaksanakan penyelamatan dalam simulasi. 

Penyelamatan Siswa yang terjebak di Lantai 3 oleh Tim Basarnas, BPBD, dan TNI.