(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Peningkatan Layanan Akses Data Bencana di Provinsi Bali

Admin bpbd | 12 Juli 2019 | 727 kali

Denpasar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng mengikuti rapat dan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) yang diselenggarakan oleh UPT Pusdalops BPBD Provinsi Bali bertempat di Ruang Rapat Tanggap UPTD Pengendalian Bencana Daerah BPBD Provinsi Bali, Kamis (11/7).

Pelatihan dibuka oleh Kepala UPT Pusdalops BPBD Provinsi Bali yang dihadiri oleh BPBD Kabupaten/Kota se-Bali dengan jumlah peserta rapat sebanyak 20 orang. Dalam sambutannya Kepala UPT Pusdalops BPBD Provinsi Bali menyampaikan laporan data bencana agar dilaksanakan dan disampaikan secara berkesinambungan karena sangat dibutuhkan oleh pimpinan baik itu Bupati/Walikota, Gubernur, dan BNPB, dan laporan tersebut selalu burubah-ubah dalam hitungan menit, untuk itu agar BPBD Kab/Kota bisa merespon secara lebih cepat dengan sistem online yang telah dibuat.

Beliau juga menyampaikan, BPBD diseluruh Indonesia, salah satunya hanya Bali yang memiliki UPT Pusdalops dan banyak BPBD luar yang datang untuk mengunjungi UPT Pusdalops Provinsi Bali. BPBD Kab/Kota agar membuat laporan bencana dalam bentuk PDF dan disampaikan kepada UPT Pusdalops dan Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Bali.

Selanjutnya dilaksanakan praktek penginputan data-data kebencanaan dimasing-masing Kabupaten/Kota se-Bali  kedalam aplikasi SIK dan pelatihan berlangsung dari pukul 10.00 wita s.d pukul 14.00 Wita.