(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Pelatihan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Kab/Kota se-Bali

Admin bpbd | 12 Juni 2019 | 1043 kali

BANGLI – BPBD Provinsi Bali menyelenggarakan Pelatihan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 11 s.d 13 Juni 2019 yang diselenggarakan di Bali Woso Camp, Bangli.  Kegiatan diikuti oleh perwakilan TRC-PB Kab/Kota BPBD Se-Bali yang dalam kesempatan ini dibuka Kalaksa BPBD Provinsi Bali yang diwakili  Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Gede Teja.

Pelatihan di hari pertama diisi oleh narasumber dari Basarnas Denpasar yang menjelaskan materi tentang teknik penyelamatan korban saat tertimpa tembok/bangunan didalam bangunan saat terjadi gempa, teknik pertolongan musibah perkotaan/ Urban SAR, dan medical firs responder.

Tujuan khusus kegiatan ini adalah agar personil yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat dapat melaksanakan  tugas secara cepat dan tepat pada saat tanggap darurat sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi, menggunakan sistem penanganan darurat bencana dengan pemanfaatan sumber daya manusia, peralatan dan perlengkapan yang ada, meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan mobilisasi dalam penanganan darurat bencana dan meningkatkan kemampuan pemahaman sistem komando penanganan darurat bencana.