(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Edukasi Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana di SMK Negeri 2 Seririt

Admin bpbd | 17 Juni 2019 | 597 kali

SERIRIT -  Pemerintahan Kabupaten Buleleng melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Edukasi Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana kepada siswa siswi SMK Negeri 2 Seririt, Jumat (14/6). Kegiatan dipimpin oleh Sekretaris BPBD Buleleng, Drs Ketut Susila dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Drs. Putu Meles, MM.

Edukasi Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana merupakan program kerja BPBD Buleleng, hal tersebut dilakukan agar semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat terutama siswa siswi dan guru di Kabupaten Buleleng tentang potensi resiko bencana, sehingga mampu mengantisipasi bencana yang terjadi dan melakukan penanganan pasca bencana dengan tepat dan cepat.

Kegiatan diikuti oleh 150 orang peserta siswa siswi dan guru SMK Negeri 2 Seririt. Narasumber dalam kegiatan ini adalah BPBD Buleleng, Damkar Kab. Buleleng, PMI Kab Buleleng dan Badan Sar Nasional (Basarnas) Buleleng. Setelah dilaksanakannya Edukasi dan Sosialisasi dilanjutkan dengan kegiatan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami.

Dalam simulasi diskenariokan telah terjadi bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami. Saat terjadi gempa seluruh siswa berkumpul ketitik kumpul yang telah ditentukan, kemudian para siswa para siswa melaksanakan evakuasi secara mandiri terhadap teman-teman mereka yang masih terjebak atau terluka didalam ruangan kelas.

Pemaparan Sekretaris BPBD Buleleng dalam Edukasi Sosialisasi dan Simulasi di SMK N 2 Seririt

Pemaparan PMI Kab. Buleleng dalam Edukasi Sosialisasi dan Simulasi di SMK N 2 Seririt

Pemberian Pelatihan Evakuasi Mandiri oleh  Basarnas Buleleng dalam Edukasi Sosialisasi dan Simulasi di SMK N 2 Seririt

Seluruh Peserta Edukasi Sosialisasi dan Simulasi di SMK N 2 Seririt