(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Audiensi Dukungan Pelaksanaan Kegiatan SIAP SIAGA di Tahun 2024

Admin bpbd | 10 Januari 2024 | 248 kali

Hallo Sobat Tangguh!!!Telah dilaksanakan Audiensi dukungan kegiatan SIAP SIAGA dilaksanakan BPBD Provinsi Bali dan SIAP SIAGA bersama Bapak Penjabat Bupati Buleleng mengenai penyusunan Renkon Banjir dan AD/ART Forum PRB di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (10/01). Audiensi dipimpin oleh Bapak Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A. dihadiri oleh Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Kalaksa BPBD Kabupaten Buleleng, Kadis PUTR Kab. Buleleng, Kadis DLH Kabupaten Buleleng, Sekban BPBD Buleleng, Plt. Kabid PK BPBD Kabupaten Buleleng, FPRB Provinsi Bali, FPRB Kabupaten Buleleng, SIAP SIAGA, dan jajaran.

Bapak Pj Bupati dalam sambutannya mengarahkan perlu mitigasi yang kuat dalam setiap jenis ancaman bencana mengingat karakteristik wilayah di Kabupaten Buleleng berbeda-beda. Program dalam antisipasi di musim penghujan di Kabupaten Buleleng ada Bukalsih, penghijauan, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan setiap Jumat. Sampah menjadi masalah utama yang perlu penyadaran untuk masyarakat.

Dipilihnya Buleleng dan Tabanan untuk didampingi dan difasilitasi dari Provinsi bersama SIAP SIAGA karena belum memiliki AD/ART FPRB dan dua Kabupaten ini juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan penanggulangan bencana. BPBD Kabupaten Buleleng sudah melengkapi dokumen-dokumen kebencanaan seperti KRB, Renkon Tsunami,RPB, dan selanjutnya akan menyusun RPKB serta Renkon Kekeringan dan Banjir guna pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Bencana

Dalam antisipasi musim hujan yang berpotensi banjir Dinas PUTR Kabupaten Buleleng memiliki kapasitas personil 100 personil yang siaga dalam pemeliharaan drainase dan sigap dalam mengantisipasi jika terjadi genangan agar tidak sampai berhari-hari.

Bapak Pj Bupati juga menyatakan Pemerintah Desa sudah dinilai dari kesigapan dan partisipasi mereka dalam penanggulangan bencana yang berpengaruh pada kenaikan anggaran atau insentif untuk desa. Dokumen-dokumen penanggulangan bencana yang sudah dimiliki agar tidak hanya sebagai pelengkap administrasi namun juga harus tetap diperkuat oleh SOP dan iimplementasi.

#SalamTangguh
#SiapUntukSelamat