(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Apel Pagi "Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima,"

Admin bpbd | 30 Januari 2025 | 127 kali

Kamis, (30/1) Pegawai lingkup Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan rutin apel pagi yang dirangkaikan dengan pelafalan pancasilan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Apel dipimpin oleh staf Non-ASN Gede Buda Aryanto dengan menunjuk seorang staf untuk melafalkan Pancasila dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan sosialisasi budaya pelayanan prima, yang dalam kegiatan ini pemimpin apel menyampaikan pelayanan prima adalah sebuah komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat yang melibatkan sikap, perilaku, dan tindakan yang berorientasi pada kepuasan pengguna layanan.

Pelayanan prima perlu diterapkan guna membangun kepercayaan publik yaitu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah serta efisiensi yaitu layanan yang baik membuat proses menjadi lebih lancar dan efisien. Pelayanan prima memiliki beberapa prinsip dasar, diantaranya keramahan yaitu menyambut dengan ramah dan sopan, kesabaran yaitu menjelaskan dengan sabar dan detail, tanggung jawab yaitu enyelesaikan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan inovasi yaitu terbuka pada ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas layanan.

Selanjutnya, dalam melaksanakan pelayanan prima juga terdapat beberapa tantangan, diantaranya sistem birokrasi yang kompleks bisa menghambat pelayanan, terbatasnya sumber daya manusia dan anggaran, dan perubahan persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik. Terdapat salah satu upaya yang dapat dilakukan dalma meningkatkan pelayanan prima yaitu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pelayanan serta melibatkan masyarakat dalam memberikan masukan. Adapun contoh dari pelayanan prima yaitu responsif dalam artian menanggapi pertanyaan atau keluhan dengan cepat.