(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Mari Kenali Ancaman di sekitar kita dengan inaRisk

Admin bpbd | 21 Februari 2024 | 873 kali

Hallo Sobat Tangguh!!! Seperti yang kita ketahui bersama kita berada di daerah yang rawan bencana, baik karena faktor geologi, hidrometeorologi, maupun faktor manusia itu sendiri. Sering digaungkan oleh BNPB dimana perlu sekali kita mengenali ancaman bencana di sekitar kita untuk dapat mengurangi risikonya, apa itu ancaman? Sesuai dengan pasal 1 ayat 13 dalam Undang-undang Nomor 24 tentang Penanggulangan Bencana, ancaman dapat diartikan sebagai suatu kejadian atau peristiwa yang dapat menimbulkan bencana, sehingga penting bagi kita untuk selalu siaga dimana pun kita berada.

Salah satu opsi yang diberikan BNPB dalam membantu kita dalam mengenali ancaman di sekitar kita adalah dengan dikembangkannya inaRisk. Apa itu inaRisk? Mengutip paparan (Ridwan Yunus, 2022) selaku Information Management Analyst BNPB, Inarisk adalah portal hasil kajian risiko bencana yang menampilkan informasi ancaman bencana, kerentanan (populasi, kerugian fisik, ekonomi, dan lingkungan), kapasitas, dan risiko bencana. Inarisk juga dapat menampilkan pantauan indeks risiko bencana. Inarisk dikembangkan oleh BNPB melalui kolaborasi bersama kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan penanggulangan bencana di Indonesia. Portal ini bersifat dinamis, instansi lain dapat berkolaborasi.

Tujuan dari dikembangkannya inaRisk in adalah untuk membantu kita mengetahui risiko bencana yang ada di sekitar kita dan langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak atau risiko dari bencana di sekitar kita. Selain itu inaRisk juga memiliki manfaat baik bagi pemerintah maupun masyarakat, apa saja itu?

1.    Manfaat inaRisk untuk pemerintah :

a.    Turut membantu penyebaran informasi hasil dari kajian risiko bencana daerah

b.    Membantu dalam pengambilan keputusan dan penyusunan strategi penanggulangan bencana

c.    Membantu pemerintah dalam pemantauain indeks risiko bencana

d.    Membantu menyediakan data spasial untuk beberapa kajian seperti RTRW

2.    Manfaat inaRisk untuk masyarakat :

a.    Sebagai informasi bagi masyarakat untuk memahami potensi ancaman dan risiko bencana tempat mereka berada

b.    Sebagai edukasi mitigasi bencana bagi masyarakat baik saat pra bencana, saat tanggap darurat, dan pasca bencana.

Nah setelah dijelaskan apa itu inaRisk dan apa saja manfaat dari inaRisk semoga dapat membantu Sobat Tangguh dalam meningkatkan kesiapsiagaan dimana pun Sobat Tangguh Berada.

Sumber : Yunus, Ridwan (dalam Materi Guest Lecture Teknik Geofisika ITS : Pengenalan inaRISK BNPB)

              UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

              https://home.banjarkab.go.id/apa-itu-inarisk/