(0362) 23022
bpbd@bulelengkab.go.id
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Mengenal Hari Kesiapsiagaan Bencana

Admin bpbd | 25 April 2023 | 302 kali

Hallo Sobat Tangguh!!! Kita sudah memasuki bulan April yang dimana setiap tahunnya identik dengan salah satu momen atau perayaan terkait kebencanaan nih. Apakah itu?? Yupp tepat sekali Hari Kesiapsiagaan Bencana atau biasa disingkat HKB. Tapi apakah Sobat Tangguh tau kenapa Hari Kesiapsiagaan Bencana dirayakan pada tanggal 26 April? apa itu Hari Kesiapsiagaan Bencana? dan apa sebenarnya tujuan diadakannya perayaan HKB ini? Nah Sobat Tangguh mari kita simak informasi seputaran Hari Kesiapsiagaan Bencana!

Latar Belakang Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)

a.       Kesiapsiagaan bencana perlu dibangun dari awal sejak dini dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana sangat menentukan besar kecilnya risiko dan dampak bencana yang akan diterima

b.      Partisipasi masyarakat sangat penting dalam penanggulangan bencana. Masyarakat di daerah rawan bencana, bersama-sama dengan pihak yang berwenang, menjadi “subjek” atau pelaku.

c.       Maka dari itu, upaya penanggulangan bencana bukanlah kerja sendiri, melainkan tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah, Unsur Masyarakat, Dunia Usaha, Akademisi/Perguruan tinggi, serta Media baik cetak, elektronik dan sosial media

d.      Masyarakat Indonesia belum terbiasa melakukan latihan atau simulasi secara rutin maka diusulkan secara khusus perlu dilakukan secara serentak dengan skala nasional melibatkan seluruh lapisan masyarakat minimal 1 kali dalam 1 tahun melakukan latihan/simulasi kebencanaan.

Dipilihnya Tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana

Pemerintah melalui BNPB menginisiasi dan mencanangkan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana. Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati momen bersejarah kesadaran masyarakat Indonesia dengan ditetapkannya UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. UU ini adalah perangkat hukum pertama yang merubah paradigma PB dari responsive ke preventif. Dilatarbelakangi 10 tahun sejak ditetapkannya UU No.24 Tahun 2007 maka pada 26 April 2017 dimulailah kampanye Kesiapsiagaan Bencana Terbesar di Indonesia untuk pertama kalinya dilakukan.

BNPB secara konsisten tetap melaksanakan kegiatan Hari kesiapsiagaan Bencana setiap tahunnya.  HKB tahun 2023 merupakan tahun ke-4 dilaksanakan selama pandemi. HKB Tahun 2023 tetap dengan tema tahunan yaitu “Siap Untuk Selamat” dengan Sub Tema “Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana” Peringatan HKB tahun 2023 akan dipusatkan di Kabupaten Lamongan pada 10-11 Mei 2023 diikuti oleh masing-masing lokasi di 6 Kabupaten lainnya di Sepanjang DAS Bengawan Solo. Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah sebuaha upaya perubahan perilaku, mari bersama mendorong semangat kerelawanan, gotong royong, meningkatkan partisipasi public dan peran aktif masyarakat “Menjadi Budaya Sadar Bencana”.

Jangan Lupa! Membunyikan tanda kentongan, sirine, atau lonceng secara serentak pada pukul 10.00 waktu setempat.

#HKB2023

#HKBBali2023

#SiapUntukSelamat

#BaliSiapUntukSelamat

 

Sumber : Paparan Standart Sosialisasi HKB 2023