PERSIAPAN HARI KESIAPSIAGAAN BENCANA NASIONAL (HKBN) 2017

  • Admin Bpbd
  • 17 April 2017
  • Dibaca: 203 Pengunjung

#SiapUntukSelamat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buleleng akan menggelar simulasi dalam rangka peringatan hari kesiapsiagaan nasional yang akan dipusatkan di wilayah kecamatan seririt pada tanggal 26 april 2017 mendatang. Dalam acara ini akan dilaksanakan simulasi penanganan bencana serta tanggap terhadap bencana yang akan melibatkan Masyarakat, sekolah, dunia usaha, OPD terkait, Basarnas, serta TNI/Polri.

Pelaksanaan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami ini akan digelar dikarenakan, Kabupaten Buleleng merupakan kabupaten yang memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Bali, sehingga sangat berpotensi terjadinya bencana tsunami dan riwayat Kabupaten Buleleng yang pernah dilanda gempa dahsyat yang menewaskan ribuan masyarakat buleleng sekitar tahun 1815 dan 1976 silam, sehingga dipandang perlu untuk digelar simulasi gempa bumi dan tsunami.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan oleh BPBD Kab. Buleleng untuk menyiapkan akan digelarnya peringatan ini, personil bpbd, peralatan serta masyarakat pun nantinya akan dilibatkan dalam simulasi ini. Pelaksanaan simulasi ini diharapkan untuk memberikan pemahaman dan peringatan dini berupa alarm sirene sehingga masyarakat lebih tanggap dan waspada bahwa akan terjadinya bencana gempa bumi dan tsunami maupun bencana lainnya.